Wednesday, July 24, 2013

AKHIRNYA, PUNYA BLOG JUGA


Akhirnya punya blog juga. Setelah sekian lama, akhirnya niat itu terwujud. Menggenapkan hati untuk membuat blog bukan perkara gampang. Banyak sekali cobaan (baca: rasa malas). Awalnya berpikir kalo buat blog itu susah dan ribet. But, it's totally different. Per tanggal 23 Juli 2013, akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog secara otodidak, dan akhirnya malah membuat saya ketagihan..hehe..

Hal ini bermula ketika adik kelas semasa kuliah (Syahri) memberi kabar bahwa ada tulisan saya yang berjudul "Go Green: Kampus Hijau Sebagai Solusi Progresif Di Tengah Problematika Global Warming" akan dimuat di majalah "Kibar Sumsel". Peristiwa itu terjadi tepat di malam sebelum saya membuat blog. Jujur, hal itu membuat saya tersanjung. Namun, saya sempat heran, dan tentunya masih lupa apakah itu benar tulisan saya? hehe.. Mungkin itu tulisan yang gagal dimuat di salah satu kolom "Media Sriwijaya" (Tabloid FH Unsri) tempo lalu. Tapi, akhirnya tulisan itulah yang kini menjadi momentum bagi saya untuk membuat blog. 

Sejatinya menulis merupakan rutinitas saya sejak masa kuliah. Bahkan, saya pernah tergabung dalam Lembaga Pers Mahasiswa (kisah selama saya menjadi wartawan kampus, akan saya tulis di kesempatan berikutnya). Cukup banyak tulisan yang saya buat waktu itu. Ditambah lagi, beberapa tulisan ilmiah soal hukum. Beberapa tahun lamanya tulisan itu tersimpan di dalam laptop. Lantas terlintas dalam pikiran, mengapa tidak semua tulisan itu saya publish ke khalayak? 

Pernah waktu itu terbesit untuk membuat novel. Saya akui, kisah hidup saya cukup menarik untuk diangkat menjadi novel..hehe.. Tidak kalah sama Andrea Hirata dengan karyanya Laskar Pelangi. Tapi menulis itu memang sulit bagi orang yang tidak biasa. Saya pernah membayangkan, jika suatu saat telah menjadi orang top, ingin rasanya kisah hidup saya diabadikan dalam bentuk tulisan. Tentu dengan ketentuan, saya tidak perlu repot-repot menulisnya, melainkan orang lain..hehe

Menulis itu ibarat candu. Ia memiliki kenikmatan tersendiri. Dengan menulis, secara tidak sadar kita telah berusaha mengukir nama kita dalam peradaban dunia. Mungkin blog ini menjadi media untuk itu. Semakin anda tenggelam dalam aktifitas menulis, maka semakin anda tahu bahwa menulis bukanlah hal gampang. Keabadian seseorang adalah ketika ia dikenal dan dikenang oleh dunia, dan itu hanya lewat tulisan.

Kalau diibaratkan, menulis itu seperti "buang air besar". Informasi yang kita lihat, baca, dengar, dan rasakan, apabila tidak dituangkan dalam bentuk tulisan, maka akan hilang begitu saja. Dengan membaca, kita layaknya makan, dan menulislah yang mengeluarkan semua saripati informasi itu. Banyak membaca kalau tidak menulis = sembelit.

Akhir kata, selamat untuk saya yang telah memiliki blog pribadi. Semoga blog ini dapat menjadi wadah untuk memberikan banyak inspirasi kepada anda semuanya. Aamiin.

Muara Enim, Juli 2013
M. Alvi Syahrin

No comments:

Post a Comment